LAZISWahdah.org, Makassar – LAZIS Wahdah bekerjasama dengan Yayasan Robbani Manggala menggelar pelatihan Tahsin Tartil Metode “Mahir Tahsin Panduan Ilmu Tajwid Wahdah Islamiyah” bertempat di masjid Ubay bin Ka’ab, Kamis (7/3/2019). Pelatihan ini diajarkan langsung oleh ustadz Marhali, Lembaga Tahfizhul Qur’an (LTQ) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Wahdah Islamiyah, dan merupakan salah satu tim pengajar di program Iddadul Muhaffizhin LAZIS Wahdah.

Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan ini dengan sangat antusias. Para peserta berasal dari beragam usia dan latar pekerjaan. Kegiatan Daurah Muallim ini dilaksanakan dengan tujuanmencetak generasi robbani yang berakhlakul karimah dengan program unggulan tahfizh qur’an dan pembinaan akhlak.

Menurut ustadz Marhali, beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh beberapa pengajar adalah mengenai cara baca yang benar dan sesuai dengan kaidah-kaidah. Termasuk katanya adalah bagaimana cara mengajarkan semua metode tersebut agar benar-benar dipahami oleh para santri.

“Banyak di pelosok Desa, guru mengaji yang masih belum paham dan fasih cara baca al-Qur’an yang baik dan benar. Makanya, pelatihan ini diharapkan bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut,” tukasnya, dihadapan para peserta yang hadir.

Kondisi hujan yang lebat tak membuat semangat peserta semakin berkurang. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB dalam rangka mengevaluasi dan mengoreksi bacaan Al-Qur’an yang selama ini dipelajari agar sesuai dengan kaidah tajwid dan tartil Quran yang bersumber dari sanad dan referensi terpercaya.

“Yang penting diingat, mengajar tahsin itu baik. Kita bisa muroja’ah kemampuan kita. Kita juga bisa berbagi kemudahan, dan yang paling utama adalah pahalanya yang luar biasa banyaknya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Robbani Anis Abdurrahman mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, pelatihan tersebut perlu digalakkan hingga ke pelosok-pelosok.

“Karena ini adalah usaha kita bagaimana generasi ke depan sudah tidak tabu lagi tentang kaidah ilmu tajwid yang baik dan benar,” pungkasnya.

Yayasan Robbani Manggala memiliki pendidikan Rodhatul Atfal/PAUD, Madrasah Ibtidaiyah/SD, dan Madrasah Tsanawiyah/SMP. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *