Zakat Fitrah
LAZISWahdah.com 
– Soal: Apa sebenarnya tujuan dan hikmah dibalik zakat fitrah yang selalu diwajibkan pengeluarannya diakhir bulan Ramadhan ?

Jawab: Hikmah zakat fitrah ini banyak diantaranya:

1. Ia merupakan salah satu ibadah yang berfungsi untuk mensucikan ibadah puasa seorang muslim dan menyempurnakannya. Karena boleh jadi dalam ibadah puasanya di bulan Ramadhan tersebut memiliki beberapa pelanggaran dan ketidaksempurnaan penyelenggaraannya, sehingga zakat fitrah diharapkan bisa menyempurnakan dan mensucikan pelanggaran tersebut.

2. Ia juga memberikan kecukupan makanan dan kebutuhan fakir miskin serta membuat mereka terhibur dalam menyongsong hari besar idul fitri, sehingga mereka turut serta bisa merayakannya seperti kaum muslimin lainnya.

Kedua hikmah ini sesuai hadis Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu, ia berkata: “Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam mewajibkan zakat fitrah sebagai penyuci orang berpuasa dari perbuatan dan perkataan keji (selama puasa), serta sebagai makanan pokok untuk orang-orang miskin” (HR Abu Daud: 1609, dan Ibnu Majah: 1827, hadisnya hasan)[1].

[1] .Syarh Arkaan Al-Islam: hal.127-128

Sumber : Buku 100 Soal Jawab Seputar ZIS & Perkara Yang Berkaitan Dengannya
Penulis : Ustadz Maulana La eda, Lc (Mahasiswa Pasca Sarjana Islamic University of Madinah, KSA & Kontributor Majalah Sedekah Plus)

———————————

Informasi Zakat Fitrah Lazis Wahdah:

Menerima dan menyalurkan beras Zakat Fitrah dgn takaran 3.5 liter per orang, dan juga disediakan beras untuk Zakat Fitrah yg mau sistem transfer/tunai dgn tipe/harga sbb:

Kelas 1 : Rp.10,000/ltr (Rp.35.000/org) >> Jenis Beras Kepala PERTANI Super
Kelas 2 : Rp.8,000/ltr (Rp.29.750/org) >> Jenis Beras Menengah baru panen.

Info Selengkapnya via SMS/WA ke 085315900900

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *