Keadaan dimana seseorang merasa bugar dan nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas serta terbebas dari penyakit merupakan keinginan setiap manusia. Kesehatan merupakan investasi yang diperlukan untuk mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan masalah sosial lainnya seperti kemiskinan, oleh karena itu negara dituntut untuk mengambil peran penting dalam menjamin kesehatan setiap warga negaranya.

      Permasalahan kesehatan di Indonesia saat ini dapat diuraikan seperti penjaminan gizi yang masih kurang merata disetiap wilayah, penyediaan sarana prasarana, efektifras dan efisiensi pengelolaan birokrasi, menurut WHO (World Health Organization) pada tahun 2018 jumlah anak-anak Indonesia yang mengalami kekurangan gizi sebesar 8,4 juta atau 37,2%. Selain gizi buruk permasalahan yang lain seperti belum meratanya ketersediaan sarana prasarana kesehatan, menurut data dari Badan Pusat Statistik, Indonesia memilih total sarana kesehatan sebanyak 55.543 unit yang hanya terpusat di wilayah sumatra dan jawa saja. Faktor terakhir adalah faktor birokrasi yang cukup buruk dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di Indonesia.

       Melalui program berkah sehat, LAZIS Wahdah berkontribusi dalam menyelesaikan masalah tersebut, melalui program bantuan kesehatan, edukasi hidup sehat, klinik sehat, ambulance gratis, dan khitanan massal.

Berikut Program-programnya :

Berkemas (Berkah Kesehatan Masyarakat)

  • Donasi Program : Rp. 500.000

Jaminan hidup sehat saat ini, masih belum merata dirasakan oleh sebahagian masyarakat indonesia terutama bagi mereka yang masih berada dalam garis kemiskinan. Berkemas (Berkah Kesehatan Masyarakat) merupakan program bantuan biaya pengobatan dan edukasi hidup sehat untuk duafa.

Pengembangan Wirausaha

  • Donasi Program : Rp. 300.000

Program ini bertujuan untuk menumbuhkan wirausaha baru dan pengembangan usaha mikro berbasis kelompok. Kegiatannya meliputi edukasi bisnis berbasis syariah, pendampingan, intervensi modal usaha mikro, strategi marketing serta peningkatan kapasitas.

Klinik Sehat

  • Donasi Program : Rp. 250.000

Kemudahan akses terhadap fasilitas kesehatan merupakan dambaan dari semua orang, terutama bagi mereka yang tergolong kurang mampu, melalui program klinik sehat, LAZIS Wahdah menyediakan layanan kesehatan seperti pengobatan gratis, konsultasi kesehatan, pemeriksaan ibu dan anak, bekam, dan terapi kesehatan.

Ambulance Gratis

  • Donasi Program : Rp. 155.000

Program layanan LAZIS Wahdah berupa ambulance gratis yang diperuntukan untuk masyarakat duafa dan anak yatim, berupa pelayanan anatar jenazah, pelayanan berobat, dan oprasional kebencanaan.

Khitanan Massal

  • Donasi Program : Rp. 300.000

Khitanan massal atau sirkumsisi adalah program layanan LAZIS Wahdah untuk anak yatim duafa, diharapkan dengan program ini membantu yatim duafa dalam bidang kesehatan.