Ketika tidur dimalam hari dengan udara yang sangat panas tentunya sangat nyaman jika kita tidur dengan kipas angin sunguh sangat nyaman pastinya, namun banyak orang yang tidak tahu jika tidur dengan kipas angin menyala terus bisa berbahaya bagi kesehatan.

Berikuti ini diantara bahaya menggunakan kipas angin saat tidur;

Mengalami kekurangan oksigen

Salah satu bahaya yang timbul jika terlalu sering menggunakan kipas angin adalah tubuh akan mengalami kekurangan oksigen. Ini dikarenakan kipas angin yang mengarah ke tubuh atau wajah kita, menyebabkan tubuh akan kesulitan bernapas. Apalagi masih ditambah dengan ruangan yang tertutup menambah sirkulasi udara tidak lancar. Jadi usahakan menghindari penggunaan kipas angin terlalu sering dan usahakan terdapat ventilasi pada ruangan untuk sirkulasi udara.

Mengalami penurunan suhu pada tubuh

Ketika suhu pada tubuh menurun secara drastis, ini akan menyebabkan tekanan darah serta sistem pernafasan pada tubuh akan mengalami gangguan. Hal ini tentu berbahaya pada organ jantung serta paru-paru.

Resiko debu masuk ke dalam tubuh

Resiko dari debu yang masuk ke dalam tubuh bisa juga terjadi. Ketika menggunakan kipas angin debu yang ada di udara ikut berterbangan, akibatnya adalah resiko udara kotor masuk ke dalam tubuh. Untuk meminimalisir udara kotor, sebaiknya ruangan memiliki ventilasi, menggunakan kipas angin jangan terlalu lama atau juga membuka pintu ketika menggunakan kipas angin.

Kekurangan air dan hipotermia

Tidur mengunakan kipas angin secara lama juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan air dan mengalami kedinginan yang berlebihan.

Menyebabkan badan menjadi kurang bugar

Badan kurang bugar merupakan bahaya dari tidur menggunakan kipas angin terlalu sering. Ketika bangun tidur dengan kondisi kipas angin menyala biasanya tubuh lemas dan kurang bugar. Badan yang lemas dan kurang bugar ini akibat tekanan udara yang langsung mengarah ke tubuh dari gerakan kipas.

Menyebabkan kulit kering

Menggunakan kipas angin dalam jangka lama  saat tidur dapat menyebabkan kulit kering karena tubuh mengalami kekurangan air akibat dari terkena angin.

Seperti penjelasan di atas untuk mengatasi penggunaan kipas angin ketika tidur sebaiknya usahakan kamar memiliki ventilasi yang cukup untuk sirkulasi atau pergantian udara serta usahakan tidak mengarahkan langsung kipas angin ke tubuh. Anda bisa memutarkan kipas angin untuk mengurangi tekanan yang langsung mengarah ke tubuh.[]

Sumber : Majalah Sedekah Plus Edisi 23

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *