LAZISWahdah.org , Sigi – LAZNAS Wahdah melakukan penanaman bibit pohon di hutan Ranjuri, Desa Beka, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi. Ilham Lamase selaku koordinator kegiatan menuturkan, bahwa upaya penanaman bibit pohon di hutan ini sebagai proses penghijauan lingkungan.

“Dikarenakan sudah banyak pohon yang tumbang dan juga sebagai upaya pencegahan banjir yang sering terjadi ketika musim hujan, makanya kami berinisiatif bersama sejumlah stakeholder melakukan aksi penghijauan hutan,” tuturnya, Ahad (20/10/2019).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Muhammad Fitra selaku kepala Desa Beka. Ia menjelaskan bahwa program penanaman pohon ini sebagai ikhtiar untuk mencegah terjadinya banjir ketika musim hujan tiba dan juga sebagai upaya menjaga hutan.

“Hutan Ranjuri ini merupakan hutan penyangga di Desa ini Hutan ini sudah lama dimanfaatkan warga sekitar terutama sumber airnya,”terangnya.

Bersama kepala Desa, Babinsa, komunitas pecinta alam hutan Ranjuri dan masyarakat setempat, sebanyak 500 bibit pohon seperti bibit pohon Tanjung, Rambutan, Durian, Mangga, Nangka dan Trambesi yang akan ditanam di hutan ini.

Kepala desa Beka juga sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat.

“Saya mewakil masyarakat Desa Beka sangat berterimakasih kepada Wahdah Islamiyah atas kepeduliannya terhadap hutan kami, semoga dengan semakin banyaknya pohon di hutan ini bisa mencegah banjir ketika musim hujan tiba, dan saya berharap ke depannya hutan ini bisa ditingkatkan fungsinya menjadi hutan pendidikan dan hutan wisata,” tutupnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *